Tokoh Pemuda Siap Wujudkan Pemilu 2024 yang Damai, Aman dan Bermartabat

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Probolinggo kembali menggelar dialog kebangsaan Forkopimda dengan peserta dari kalangan tokoh-tokoh pemuda setempat, Rabu (22/11) pagi di Paseban Sena. Giat ini mengusung tema “Peran Pemuda dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa untuk Mensukseskan Pemilu Tahun 2024”.

Dialog Kebangsaan Forkopimda dengan Tokoh Pemuda Kota Probolinggo tahun 2023

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Probolinggo kembali menggelar dialog kebangsaan Forkopimda dengan peserta dari kalangan tokoh-tokoh pemuda setempat, Rabu (22/11) pagi di Paseban Sena. Giat ini mengusung tema “Peran Pemuda dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa untuk Mensukseskan Pemilu Tahun 2024”.

Sebagaimana dilaporkan Kepala Bakesbangpol M. Sonhadji, kegiatan dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi antara forkopimda dengan tokoh-tokoh pemuda. Sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan nasionalisme untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga stabilitas menuju Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyebutkan keberagaman Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, budaya, ras, agama dan multietnis lainnya dimana Kota Probolinggo dikenal dengan sebutan Kota Pendalungan. “Alhamdulillah berjalannya waktu kerukunan perdamaian sudah terjaga sehingga tidak ada lagi kekhawatiran perpecahan dan tantangan yang menjadikan kekhawatiran itu. Tetapi tentunya di dalam forum seperti ini kita sedikit mengingatkan memberikan suatu rambu-rambu supaya kita tetap menjaga kerukunan dan ketentraman di wilayah Kota Probolinggo,” buka Habib Hadi dalam sambutannya.

Habib Hadi menyebut, tahun 2024 adalah tahun Pemilihan Umum (Pemilu) serentak baik Pemilu Presiden dan Pemilu Kepala Daerah. Karena itu penting untuk menjaga kerukunan, “Kerukunan dan kedamaian menjadi kunci yang tidak boleh kita biarkan begitu saja. Dengan kita libatkan semua tokoh-tokoh pemuda, pemuka agama, organisasi semua yang hadir disini, tentunya harapan kami mari kita menjaga kerukunan dan kedamaian walaupun kita berbeda warna,” ajaknya.

Ia menilai perbedaan pandangan adalah hal yang wajar, untuk itu ia mengimbau untuk mengesampingkan ujaran kebencian, tidak mudah terpecah belah dan bisa menjadi pelopor edukasi masyarakat. “Jangan hanya sebatas seremonial atau symbol pertemuan rutin yang dilaksanakan tapi saya harap ada output dan perubahan untuk kedepannya untuk yang terbaik. Maka dari itu, bergandengan tangan kewajiban kita sebagai manusia dan kita sebagai warga Kota Probolinggo untuk saling mengingatkan dan menyuarakan yang terbaik bagi kita semuanya sehingga terciptalah keamanan, ketertiban di wilayah Kota Probolinggo,” serunya.

Salah satu peserta dialog, Nuris Shobah Mahardhika (21) dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) mengatakan kesiapannya untuk mendukung Pemilu 2024 agar berjalan damai dan bermartabat. “Mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, tertib, damai, sejuk dan bermartabat tidak semata-mata merupakan tugas Kepolisian, TNI, dan ASN saja. Melainkan, perlu kerjasama dan keterlibatan berbagai pihak, seperti tokoh pemuda generasi penerus bangsa yang ada di Indonesia khususnya di lingkungan Kota Probolinggo,” bebernya.

Acara ini dihadiri sekira 200 orang yang terdiri dari pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati, para asisten dan staf ahli, para camat dan lurah se-Kota Probolinggo. Juga tokoh-tokoh pemuda yang tergabung dalam organisasi antara lain, Ansor, Pemuda Pelopor, KNPI, PDMP, NASYATUL, ISNU, IPNU, Pemuda Gereja MAG, Pemuda Gereja Bunda Karmel, Pemuda Hindu, FKPPI, PPI, Fatayat NU dan Pemuda Panca Marga.

sumber:https://probolinggokota.go.id

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT